Selamat datang di blog sederhana ini, kiranya menjadi berkat bagi kita semua

Selasa, 23 November 2010

ADVENTUS


Advent I

Istilah Advent dalam tradisi Gereja adalah nama periode sebelum Natal. Kata Advent diambil dari bahasa Latin Adventus yang artinya Kedatangan. Dalam masa Advent umat Kristen menyiapkan diri untuk menyambut pesta Natal dan memperingati kelahiran sekaligus kedatangan Yesus yang kedua kalinya pada akhir zaman. Advent diduga mulai dirayakan dikalangan umat Kristen sejak abad ke-empat Masehi.
Advent selalu mulai pada hari Minggu yang terdekat dengan tanggal 30 November (antara tanggal 27 November dan 3 Desember) dan berlangsung sampai Malam Natal 24 Desember. Dengan ini panjangya masa adven per tahun berbeda-beda, tetapi sebuah masa adven selalu terdiri dari 4 hari Minggu.
Dalam merayakan Advent, Banyak gereja yang menempatkan sebuah rangkaian daun Advent pada misa atau kebaktian-kebaktian Advent mereka. Karangan daun itu terdiri atas empat batang lilin (tiga ungu dan satu berwarna merah jambu) yang ditata di sebuah lingkaran yang berwarna hijau yang melambangkan kehidupan yang kekal.
Advent IV
Advent II
Advent III




Lilin-lilin itu dinyalakan sebagai berikut:
  • Minggu Pertama          : sebatang lilin ungu
  • Minggu Kedua            : dua batang lilin ungu
  • Minggu Ketiga            : dua batang lilin ungu dan satu lilin merah jambu
  • Minggu Keempat        : keempat lilin
Lilin dan warna liturgis ungu melambangkan warna pertobatan dan penyesalan yang ditandai oleh masa puasa. Lilin merah jambu dinamai juga lilin "Sukacita" (Gaudete) dan lilin ini berasal dari sejarah Advent. Puasa pada masa Adven dibuka pada hari Minggu yang ketiga sebagai penantian akan peristiwa besar yang akan datang. Seringkali sebatang lilin putih dinyalakan di tengah lingkaran. Ini adalah Lilin Kristus, yang melambangkan kelahiran Kristus. Lilin ini dinyalakan pada Malam Natal atau pada hari Natal itu sendiri.

sumber : wikipedia




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HTML