Selamat datang di blog sederhana ini, kiranya menjadi berkat bagi kita semua

Selasa, 07 Juni 2011

SERMON EPISTEL MINGGU 12 JUNI 2011

ROH KUDUS SEBAGAI PENGAJAR DAN PENGHIBUR
Yoh. 16:5-15
16:5 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi?
16:6 Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita.
16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.
16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.
16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku."

Pengantar

Setelah Yesus bangkit, 40 hari kemudian Dia naik ke sorga, sebelum naik ke sorga Yesus memberikan amanat agung kepada murid-muridnya “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Mat. 28:19-20; Mark 16:15). Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi. (Luk 24:49).

Yesus sudah pernah menjanjikan hal yang sama kepada murid-muridNya sebelum Dia ditangkap bahwa Allah akan memberikan seorang Penolong yaitu Roh Kebenaran dan Penghibur untuk menyertai murid-muridNya. (bnd. Yoh. 14:15-31).
Yesus tidak pernah ingkar janji, 10 hari kemudian (50 hari setelah kebangkitanNya), Roh Kudus turun di Yerusalem, pada saat itu adalah hari Pentakosta (PL), para muridNya dan orang-orang percaya sekitar 120 orang berkumpul di suatu ruangan di sebuah rumah di Yerusalem, tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah itu, dan tampaklah lidah-lidah seperti nyala api hinggap kepada mereka masing-masing. Dan pada saat yang sama mereka pun bisa berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, sesuai dengan yang diberikan oleh Roh. Orang-banyak heran dan berkata “Bukankah mereka se,mua orang Galilea? Bagaimana mungkin mereka bisa berkata-kata dalam bahasa kita?”.

Penjelasan

1.   Siapakah Roh Kudus itu?
            Dalam BIS kata  "Roh Kudus" diartikan sebagai  oknum Allah yang ketiga dan yang tidak kelihatan. Roh Allah bekerja melalui pikiran, perasaan dan pribadi manusia.
Dalam PL, kita mengenal tentang Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air (Kej. 1:2). Dalam PB kita mengenal Roh Kudus atau Roh Allah atau Roh Yesus (Kis 16:7) atau Roh Anak Allah (Gal 4:6) ialah pelaksana kehendak Allah di bumi. Ia sebagai Penghibur (Penolong) melanjutkan dan menterapkan karya Keselamatan Yesus (Yoh 14:16). Dialah dinamik pekabaran Injil “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi” (.Kis 1:8).

-       Roh Kudus ialah Roh yang telah dijanjikan (Yoh. 14:16)
-       Roh Kudus adalah Roh Hikmat.(Yes 11:2;Ef. 1:17))
-       Roh Kudus adalah Roh yang dikaruniakan kepada orang-orang kudus.(1Kor 2:12-13)
            Dalam Injil Yohanes lima kali Roh itu disebut sebagai 'paraklete', yang berarti 'pembela'. Ia hadir untuk memperdalam pengertian para murid mengenai kebenaran Kristus. Sebagaimana Roh memenuhi jemaat (Ef. 4:4), Ia juga adalah kuasa yang membimbing orang beriman secara individual dan mengaruniakan berbagai karunia kepada mereka untuk melayani seluruh persekutuan (1Kor. 12:7), jangan dikacaukan dengan roh-roh jahat (Rm. 8:5) yang menimbulkan perselisihan (1Tim. 4:1). Karena itu, roh' dipertentangkan dengan 'daging', yang berturut-turut merupakan sifat kehidupan zaman baru dan kehidupan lama.
            Dalam teologi Kristen kemudian hari, Roh Kudus adalah pribadi ketiga *Trinitas -- dalam PB bukanlah doktrin yang dapat dilihat secara eksplisit. Namun, dipertahankan bahwa para penulis PB memberi jalan bagi apa yang pada waktunya didefinisikan oleh Bapa-bapa Gereja, yang hidup dalam iklim filsafat Yunani. Mereka menggunakan terminologi zamannya untuk menarik implikasi-implikasi metafisik dari data PB.


2.   Apa yang dilakukan Roh Kudus?
A.  Sebagai Pengajar
-       Roh Kudus mengajar kita  untuk menyatakan segala sesuatu tentang Allah.(1Kor 2:10,13)
-       Menyatakan segala sesuatu tentang Kristus dan hal-hal yang akan datang.(Yoh 16:13; Luk 2:26; Kis 21:11)
-       Mengingatkan perkataan-perkataan Kristus.(Yoh 14:26)
-       Mengarahkan ke jalan kesalehan. (Yeh 36:27)
-       Mengajar orang-orang kudus apa yang harus dikatakan kepada penganiaya. (Mar 13:11; Luk 12:12)
-       Memungkinkan hamba-hamba Tuhan untuk mengajar. (1Kor 12:8)
-       Membawa kepada segala kebenaran.(Yoh 14:26; 16:13)
-       Menuntun keputusan-keputusan jemaat. (Kis 15:28)
Sebagai orang percaya kita haruys memperhatikan dan mendengarkan pengajaran Roh Kudus (Wahyu 2:7)

B.  Sebagai Penghibur
Roh Kudus sebagai Penghibur berasal dan keluar  dari Bapa (Yoh 15:26), diberikan oleh Bapa melalui permintaan Kristus.(Yoh 14:16).
Roh Kudus sebagai penghibur melakukan banyak hal kepada kita a.l :
-       Memberi sukacita.(Rom 14:17; Gal 5:22; 1Tes 1:6)
-       Menolong dan menghibur jemaat. (Kis 9:31)
-       Bersaksi tentang Kristus. (Yoh 15:26)
-       Mencurahkan kasih Allah.(Rom 5:3-5)
-       Mencurahkan pengharapan.(Rom 15:13; Gal 5:5)
-       Mengajar orang-orang Kudus.(Yoh 14:26)
-       Diam di dalam orang-orang Kudus. (Yoh 14:17)
-       Menyertai orang-orang Kudus selama-lamanya.(Yoh 14:16)
-       Sementara dunia tidak mengenal Roh Kudus, tepapi dikenal oleh orang-orang Kudus.(Yoh 14:17)

Penutup
Yesus telah naik ke sorga, dan sesuai dengan janjiNya, Dia mengirim Roh Kudus sebagai penolong dan penghibur, bukan hanya kepada murid-muridNya, tetapi kepada kita dan semua orang-orang percaya untuk mengajar dan menghibur kita selama kita masih ada di dalam dunia yang penuh kerusuhan ini.
Tetapi untuk dapat menerima Roh Kudus, kita tidak cukup hanya seKedar percaya saja, tetapi harus membuka hati  dan member tempat kepadaNya untuk diam di dalam hati kita.
Roh Kudus adalah Kudus, tidak akan mau tinggal didalam kecemaran, tetapi mau tinggal diam di dalam kekudusan. Oleh karena itu, jika ingin menerima Roh Kudus dalam hati kita, maka kita harus membersihkan hati kita terlebih dahulu dari segala macam hal yang cemar, membuang segala kepahitan, dendam, sakit hati, dan hal-hal busuk lainnya. Sehingga hati dan hidup kita layak  menjadi tempat Roh Kudus bekerja untuk mengajar dan menghibur kita dan orang-orang di sekeliling kita. AMIN

 sumber : sabda.org


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HTML