Selamat datang di blog sederhana ini, kiranya menjadi berkat bagi kita semua

Senin, 18 Oktober 2010

EPISTEL MINGGU 24 OKT 2010


TANDA-TANDA AKHIR JAMAN

Mat. 24 : 3-14
24:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?"
24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!
24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang.
24:6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya.
24:7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.
24:8 Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.
24:9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku,
24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci.
24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang.
24:12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin.
24:13 Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.

Pendahuluan
Misteri akhir jaman atau Kedatangan Yesus kedua kalinya adalah suatu misteri yang tidak dapat disingkapkan oleh pengetahuan adan akal manusia. Banyak orang (Hamba Tuhan dan para Ilmuwan) berusaha menafsirkan kapan hal itu akan terjadi. Beberapa contoh ramalan & tafsiran akhir jaman yang terbukti salah :
-          1866 : Banyak penganut Kristen meyakini angka 666 adalah angka iblis, sehingga ketika menjelang tahun 1666, tahun itu diartikan sebagai akhirnya zaman.
-          1843 : William Miller, pendeta Advent asal Inggris mendapat pewahyuan tahun 1815, bahwa kiamat akan terjadi tahun 1843. Penerusnya kemudian merevisi kiamat akan terjadi tahun 1844.
-          1870 : Penganut Kristen sekte Kesaksian Jehovah yang didirikan tahun 1870-an pernah meramalkan bahwa dunia akan kiamat pada 1914. Namun, begitu lewat tahun 1914, mereka hanya mengatakan 'tidak lama lagi'.
-          1982 : Pada akhir tahun 1976, Pat Robertson memprediksi bahwa akhir dunia akan datang pada bulan November atau Oktober 1982. Dalam siaran Mei 1980 dari The 700 Club, ia menyatakan, “Saya menjamin Anda pada akhir tahun 1982 akan menjadi hari penghakiman pada dunia.“
-          1999  : Sang “Imam Mahdi” Syamsuri pernah meramalkan bahwa 9 September 1999 adalah hari kiamat. Ratusan orang diajak ke padepokannya menyambut kiamat tepat pukul 09.00 WIB. Sebelum ramalan itu terwujud, ia malah diciduk polisi. Palu hakim menghukumnya 11 bulan penjara.  Begitu ramalan kiamatnya pada 9-9-1999 meleset, dia berkilah. “Kiamat tetap akan terjadi dalam waktu dekat ini,” katanya. Setelah kiamat, orang-orang terpilih yang masih hidup. Kakek 15 cucu inilah yang bakal memimpin mereka. Itu sebabnya, dia tetap menunggu kiamat, sambil mengurus kebun jeruk di belakang rumahnya.(GATRA, Jumat 14 November 2003).
-          1999 : Joseph Kibwetere dari Uganda (Afrika), pendiri The Movement for the Restoration of the Ten Commandments of God, bernubuat bahwa dunia akan berakhir pada 31 Desember 1999 (yang diralat menjadi 31 Desember 2000). Tahun 1998, ia dirawat di rumah sakit karena mengalami gangguan jiwa. Sebelum 31 Desember 2000 ia menyuruh seluruh jemaatnya berkumpul dalam sebuah bangunan gereja. Setelah jemaat berkumpul, pintu serta jendela gereja ditutup dan Joseph membakar gereja tersebut. Akibatnya, ketika api padam, pihak keamanan menemukan 330 tengkorak manusia dalam keadaan gosong di antara puing-puing.
-          Akhir Tahun 1999        : Menjelang berakhirnya tahun 1999, muncul istilah Y2K pada komputer yang diyakini mempengaruhi semua sistim komputer dunia. Wall Street Journal memprediksikan bahwa pada 1 Januari 2000 akan terjadi kekacauan yang amat besar setara dengan kiamat di muka Bumi.
-          2000 : Dalam bukunya, Ice: The Ultimate Disaster (1997) Richard Noone memprediksikan bahwa pada 5 Mei 2000, planet-planet akan bersejajar dan kehidupan akan berakhir seiring dengan mencairnya semua es di muka Bumi. Sekitar 18 bulan sebelum “hari kiamat” itu, Benjamin Radford (dari Skeptical Inquirer science magazine), mewawancarai Mr Noone tentang buku dan ramalannya; Radford sempat bertanya apakah mereka bisa mengatur pertemuan/wawancara pada tanggal 6 Mei 2000, kalau-kalau dunia tidak berakhir. Tapi Noone menolak.
-          10 November 2003 : Mangapin Sibuea dari Bandung Selatan dan para pengikutnya, sekitar 300 orang berkumpul dan melakukan ritual, seperti menyanyi, menari, dan berpuasa, ada yang 3 hari 3 malam tak makan, ada juga yang 7 hari 7 malam tak makan. Semua itu dilakukan untuk bersiap-siap menjemput Kiamat, 10 November 2003.
-           21 Desember 2012    : Menurut NASA, ilmuwan terpercaya di seluruh dunia tahu bahwa tidak ada ancaman yang berhubungan dengan tahun 2012. Planet kita telah menjadi tempat hidup yang baik selama lebih dari empat miliar tahun. NASA bersikeras kalender Maya sebenarnya tidak berakhir pada 21 Desember 2012, yang dianggap sebagai akhir dari peradaban manusia sekarang dan mulainya peradaban baru.
Bangsa Maya Modern di Guatemala dan Meksiko juga menyangkal ramalan tentang kiamat. “Tidak ada konsep kiamat dalam budaya Maya,” demikian kata Yesus Gomez, kepala the Guatemalan confederation of Mayan priests and spiritual guides, kepada The Sunday Telegraph.

Sebenarnya Alkitab sudah menjelaskan segala sesuatunya tentang apa dan bagaimana yang akan terjadi pada saat kedatanganNya ke dua kali tersebut. Di dalam Alkitab digambarkan beberapa hal tentang kedatangan Yesus al :
-          Kedatangan Yesus digambarkan sebagai pencuri yg datang pada waktu malam, pada saat yg tidak terduga. (Mat 24 : 42-43;Luk 12:38-40;1 Tes 5 :2)
-          Yesus datang sebagai mempelai Pria yg menjemput mempelai wanita. (Mat 25 : 1-13)
-          Dia akan datang di awan-awan yang permai dengan cara yang sama sewaktu Dia naik ke sorga ( Kis 1:11), Dll

Penjelasan
Dalam nats ini, murid-murid Yesus penasaran dan ingin tahu kapan dan bagaimana kedatangan Yesus yang kedua kali tersebut, kemudian Yesus jelaskan tanda-tanda kedatangannya seraya mengingatkan murid-muridNya (termasuk kita) agar selalu waspada dan berjaga-jaga. Yesus menjelaskan beberapa tanda-tanda zaman yang akan menyertai hari kedatanganNya yaitu :
-          Akan banyak orang datang dan memakai nama Yesus dan menyebut mereka adalah Mesias dan Munculnya Nabi-nabi palsu  dan menyesatkan banyak orang.
Hari-hari ini kita melihat, dalam dunia kesehatan, orang mulai mempelajari yoga, dimana-mana orang mulai mempelajari Yoga, ilmu tenaga dalam dan semua bentuk gerak-gerak tubuh yg katanya kita harus mengosongkan pikiran kita. Sementara tubuh kita bait Roh Allah/Rumah Tuhan. Berarti, waktu kita mengosongkan tubuh kita, kita usir Roh Allah keluar dari diri kita. Dengan alasan untuk kesehatan. Dan, begitu banyaknya penyesatan terjadi, baik di dalam gereja maupun di luar gereja, sehingga orang mulai berkata,”Kita harus pegang Alkitab dengan sungguh-sungguh, tetapi hidup dalam dosa itu biasa, dan normal, karena kita masih manusia biasa yg terdiri dari daging dan darah. Kita bisa bebas melakukan kegiatan seksual. Tetapi, yang penting kita melakukan Firman Tuhan, kebebasan seksual menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.
-          Akan adanya penderitaan yg luar biasa dan tekanan-demi tekanan
Yesus menggambarkan penderitaan manusia akan terjadi lewat perang antar bangsa dan bencana alam yang dashyat. Sehingga kita harus waspada dan jangan gelisah. Tetapi Yesus berkata bahwa itu belum kesudahannya, masih akan ada kelaparan dan gempa bumi yang terjadi di berbagai tempat. Dan itu semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang jaman baru. Penderitaan yang luar biasa dan tekanan demi tekanan terjadi khususnya bagi orang percaya. Orang percaya akan ditekan dari teman kantornya, orang percaya akan disingkirkan dari pekerjaannya. Orang percaya akan dicoba ditekan. Orang percaya akan dibuat menjadi begitu frustasi, sehingga ia akan dibuat/rela menukar imannya. Tetapi, Yesus menjanjikan bahwa  orang yg bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat…..!
-          Akan banyak orang murtad dan saling meyerahkan
Yesus juga menjelaskan bahwa pada waktu itulah orang percaya akan diserahkan, dan sebagian akan disiksa, dibunuh dan dibenci oleh semua bangsa oleh karena Nama Yesus. Dan banyak orang akan murtad. Dan banyak orang akan saling menyerahkan dan saling membenci. Gelombang murtad secara besar-besaran akan terjadi, baik dari dalam maupun dari luar gereja. Karena, banyak orang tidak tahan dengan tawaran-tawaran dan bujukan-bujukan dunia, orang banyak menikah dengan orang yang tidak seiman dan menukar imannya. Orang, karena pangkat dan kedudukan, akhirnya tukar imannya.
-          Akan ada banyak terjadi penghianatan
Karena makin bertambah banyaknya kedurhakaan, kasih dari kebanyakan orang akan menjadi dingin. Akan ada banyak terjadi penghianatan, suami berhianat kepada istrinya, istri berhianat kepada suaminya, seorang rekan berhianat kepada rekannya yg lain. Penghianatan akan banyak terjadi di mana-mana, kasih mulai menjadi dingin. Orang yg tadinya terlibat dengan pelayanan di mana-mana, sekarang saling memfitnah, saling menjatuhkan.
-          Injil Kerajaan Kristus akan tersebar
Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan ke seluruh dunia dan menjadi kesaksian bagi semua bangsa. Dan sesudah itu, barulah tiba kesudahannya. Injil Kerajaan Kristus akan tersebar. Itulah sebabnya kalau kita lihat pada hari-hari ini, melalui televise, melalui internet yg tersebar, injil terus disebar, di satu sisi setan coba terus menahan perkabaran injil lewat tekanan dan penyiksaan. Tapi, Tuhan terus membuka pintu-pintu baru, karena injil tidak bisa ditahan oleh apapun dan siapapun. Injil akan tersebar, karena injil adalah barometer keselamatan kita.

Kesimpulan
Apa yang terjadi dan kita alami dalam dunia kita hari-hari ini, mengingatkan kita akan tanda-tanda akhir jaman yang digambarkan oleh Yesus. Bencana alam dimana-mana ( Banjir, Gempa bumi, letusan gunung berapi, Pemanasan Global dan perubahan iklim), Perang antar negara terjadi dimana-mana, kalu dulu ada perang fisik sekarang jamannya menjadi perang teknologi.
Dalam situsai yang sedemikian itu hendaknya mengingatkan kita supaya menyiapkan diri dan memanfaatkan waktu yang Tuhan berikan kepada kita untuk memperbaiki diri. Sikap kita menghadapi tanda-tanda jaman harus menunjukkan sikap sebagai orang Kristen yang benar. Sehingga kita bisa bertahan sampai kesudahannya dan memperoleh keselamatan Kristus.

-          Dengan adanya penyesatan kita harus membngun karakter Kristus dalam hidup kita sebab Orang yang akan bertahan di akhir zaman adalah orang yang membangun karakternya seperti Kristus.
-          Dengan adanya penderitaan, kita harus tekun dalam iman sehingga kita tahan uji dalam pengharapan sebab orang Kristen yang akan bertahan diakhir zaman adalah orang yang membangun dirinya berdasarkan iman.
-          Dengan adanya gelombang murtad, kita harus setia dan jangan goyah sebab orang Kristen yang bertahan pada akhir zaman adalah orang yang setia sampai akhir kesudahannya.
-          Bila ada penghianatan, baik di dalam lingkungan pekerjaan, terutama dalam lingkungan keluarga / suami-istri, tetaplah dalam kasih yg memenuhi hidup kita, sebab orang Kristen yang bertahan pada akhir zaman adalah orang yang membangun keluarganya dalam kasih yang benar.
-          Ketika Injil Kerajaan Kristus tersebar, biarlah kita ikut serta mengabarkan injil dimanapun kita berada, keselamatan akan datang bagi setiap mereka yg mau membuka dirinya bagi injil. sebab orang Kristen yang bertahan pada akhir zaman adalah orang yang mau menjalankan amanat agung Kristus yaitu menjadi Kristen yang missionaris. Amin


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HTML