Selamat datang di blog sederhana ini, kiranya menjadi berkat bagi kita semua

Selasa, 03 April 2012

VIA DOLOROSA ( LOKASI )


Via Dolorosa adalah adalah sebuah jalan di Kota Yerusalem Kuno yang berarti "Jalan Kesengsaraan" atau "Jalan Penderitaan". Jalan ini adalah jalan yang dilalui Yesus sambil memanggul salib menuju Kalvari. Jalan ini ditandai dengan 14 titik salib. Lima titik salib terakhir berada di dalam Gereja Sanctum Sepulchrum. Jalan ini menjadi tujuan utama para peziarah.
Sepanjang jalur via dolorosa ada 14 titik perhentian yang dimulai dari dari pintu masuk St. Stephen atau Lion’s Gate, menuju ke arah barat melalui Kota Yerusalem lama sampai pada Gereja Makam Kudus atau Holy Sepulcher.

1.      Titik perhentian 1 dimana “Yesus dijatuhi hukuman “salib” oleh Pontius Pilatus (Mat 27:11-24, Mar 15:1-15, Luk 23:1-25, Yohanes 18:28-19:16). Letaknya di  lokasi Madrasah al-Omariya, 300m barat Lion's Gate. Sebagaian lain meyakini titik pertama ini berada di Istana Herodes di Jaffa Gate.
2.      Titik perhentian 2 di mana Yesus mulai memikul salibnya (Mar. 15:20b). Lokasi Ini terletak di sebelah Biara Fransiskan dera, di seberang jalan dari Titik Pertama.
3.      Titik perhentian 3 dimana  Tuhan Yesus jatuh pertama kali
4.      Titik perhentian 4 dimana Tuhan Yesus berjumpa dengan ibuNya, lokasinya di  Armenian Church of Our Lady of the Spasm
5.      Titik Perhentian 5, dimana Simon dari Kirene dipaksa oleh tentara Romawi untuk membantu Yesus membawa salib  (Mat 27:32; Mar 15:21; Luk 23:26).
6.      Titik Perhentian 6, di mana seorang wanita mengusap wajah Tuhan Yesus, lokasinya di Church of the Holy Face
7.      Titik Perhentian 7, di mana Tuhan Yesus jatuh kedua kali, lokasinya sebuah kapel Fransiskan di persimpangan Via Dolorosa dengan Souq Khan al-Zeit.
8.      Titik Perhentian 8, di mana Tuhan Yesus menghibur wanita Yerusalem (Luk 23:27-29),  berada di seberang jalan pasar dan menaiki tangga Aqabat al-Khanqah.
9.      Titik Perhentian 9, di mana Tuhan Yesus terjatuh untuk ketiga kalinya, Sebuah rute yang  berada di Souq Khan al-Zeit, selatan ke Khan al-Zeit, dan naik 28 tangga batu mengarah ke Titik Perhentian 9 pada Patriarkat Koptik sebelah Gereja Makam Suci ( Church of the Holy Sepulchre) Di sini, sebuah pilar Romawi menandai situs jatuh ketiga Yesus.
10.  Titik Perhentian 10, di mana pakaian Tuhan Yesus ditanggalkan (Mark 15:24b), berada di puncak tangga ke kanan di luar pintu masuk Gereja Holy Sepulchure
11.  Titik Perhentian 11, di mana Tuhan Yesus dipakukan di kayu salib (Yoh 19:18-19), berada  di lantai atas tepat di pintu masuk, di Latin Calvary
12.  Titik Perhentian 12, di mana Tuhan Yesus meninggal (Mat 27:45-51),  berada di Rock ofi Golgota di Kalvari Ortodoks Yunani
13.  Titik Perhentian 13, di mana Tuhan Yesus diturunkan dari salib (Luk 23:50-53), berada di  patung Our Lady of Sorrows sebelah Kalvari Latin
14.  Titik Perhentian 14, di mana Tuhan Yesus dikuburkan (Yoh 19:41-42). di lantai utama, di dalam Kapel kecil dari Gereja Makam Suci ( Church of the Holy Sepulchre)

Di setiap tempat perhentian dibangun gereja, biara atau ukiran yang berhubungan dengan peringatan setiap perhentian. Via Dolorosa mengingatkan kita akan penderitaan Yesus demi menyelamatkan manusia dari hukuman dosa. Ini sekaligus peringatan bagi kita bahwa ada harga yang harus dibayar ketika mengiring Yesus. Dia berkata “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus… memikul salibNya setiap hari dan mengikut Aku” (Luk 9:23).

Sumber :
-          Wikipedia
-          www.sacred-destinations.com/israel/jerusalem-via-dolorosa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HTML