Selamat datang di blog sederhana ini, kiranya menjadi berkat bagi kita semua

Selasa, 05 April 2011

Sermon Epistel Minggu 10 April 2011


Doa dalam Kesesakan
Ep. Mazmur 69 : 2-14
69:2 Selamatkanlah aku, ya Allah, sebab air telah naik sampai ke leherku!
69:3 Aku tenggelam ke dalam rawa yang dalam, tidak ada tempat bertumpu; aku telah terperosok ke air yang dalam, gelombang pasang menghanyutkan aku.
69:4 Lesu aku karena berseru-seru, kerongkonganku kering; mataku nyeri karena mengharapkan Allahku.
69:5 Orang-orang yang membenci aku tanpa alasan lebih banyak dari pada rambut di kepalaku; terlalu besar jumlah orang-orang yang hendak membinasakan aku, yang memusuhi aku tanpa sebab; aku dipaksa untuk mengembalikan apa yang tidak kurampas.
69:6 Ya Allah, Engkau mengetahui kebodohanku, kesalahan-kesalahanku tidak tersembunyi bagi-Mu.
69:7 Janganlah mendapat malu oleh karena aku orang-orang yang menantikan Engkau, ya Tuhan, ALLAH semesta alam! Janganlah kena noda oleh karena aku orang-orang yang mencari Engkau, ya Allah Israel!
69:8 Sebab oleh karena Engkaulah aku menanggung cela, noda meliputi mukaku.
69:9 Aku telah menjadi orang luar bagi saudara-saudaraku, orang asing bagi anak-anak ibuku;
69:10 sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku, dan kata-kata yang mencela Engkau telah menimpa aku.
69:11 Aku meremukkan diriku dengan berpuasa, tetapi itu pun menjadi cela bagiku;
69:12 aku membuat kain kabung menjadi pakaianku, aku menjadi sindiran bagi mereka.
69:13 Aku menjadi buah bibir orang-orang yang duduk di pintu gerbang, dengan kecapi peminum-peminum menyanyi tentang aku.
69:14 Tetapi aku, aku berdoa kepada-Mu, ya TUHAN, pada waktu Engkau berkenan, ya Allah; demi kasih setia-Mu yang besar jawablah aku dengan pertolongan-Mu yang setia


Penjelasan Epistel
-       Tafsiran, Mazmur 69 ini sering ditafsirkan sebagai Mazmur tentang Mesias karena di bagian Mazmur ini berisi tentang seruan Daud minta tolong sejajar dengan penderitaan Mesias / Kristus. Mereka yang membenci Daud serupa dengan mereka yang membenci Kristus, seperti dinyarakan pada ayat 5 "Orang-orang yang membenci aku tanpa alasan lebih banyak dari pada rambut di kepalaku." (bnd Yoh. 15:25). Cinta Daud dalam ayat 10 "sebab cinta untuk rumah-Mu menghanguskan aku," dikaitkan oleh para murid dengan Kristus untuk menjelaskan pembersihan Kristus di Bait Allah (bnd Yoh. 2:17). Dalam Mazmur 69:22 Daud mengatakan "Bahkan, mereka memberi aku makan racun, dan pada waktu aku haus, mereka memberi aku minum anggur asam." Ini dihubungkan dengan cuka (anggur asam) yang diberikan kepada Kristus di kayu salib (bnd Mat 28:48, Mar 15:36, Luk 23:36).[1]
-       Doa Dalam kesesakan, Nats ini juga diberi judul perikop “Doa dalam kesesakan”. Dalam nats ini kita bisa melihat bahwa pemazmur mengungkapkan perasaannya yang melukiskan seorang yang minta keselamatan dari Allah karena dalam keadaan putus asa, sangat menderita dalam banyak (ay. 2-5) dan hal itu dialami justru karena kesetiaannya kepada Allah dan jalan-jalan-Nya yang benar (ay. 8-13). Dan Ia mohon kiranya Allah berkenan memberi pertolongan kepadanya (ay. 14). (bnd. Dengan doa Yesus di Getsemane, Mat. 26:36-46; Mar. 14:32-42); Luk 22:39-46)
-       Gambaran Penderitaan Kristus, Beberapa bagian mazmur ini memang ditafsirkan menggambarkan penderitaan Yesus, namun beberapa bagian tidak mendukung tafsiran tersbut, seperti terlihat dalam ay. 6,  istilah kebodohan dan kesalahan tidak dapat digambarkan kepada pribadi Kristus.[ Mazmur ini juga merupakan gambaran penderitaan orang benar yang tertindas sama seperti perasaan Yesus ketika Ia menderita penganiayaan dan mengalami siksaan sampai di kayu salib. Hal itu juga menunjuk kepada orang percaya benar yang mengalami kesulitan dan penderitaan dan tidak melihat jalan keluar, sehingga berseru kepada Allah dan yakin bahwa sebagaimana Tuhan akhirnya membebaskan Kristus dari semua penderitaan-Nya, Dia juga akan membebaskan semua anak-Nya pada saat yang ditentukan-Nya.


[1] www.sarapanpagi.org/nubuat-sengsara-mesias-mazmur-69-1-37-vt3575.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HTML