Selamat datang di blog sederhana ini, kiranya menjadi berkat bagi kita semua

Sabtu, 04 Desember 2010

SERMON KHOTBAH MINGGU ADVENT-2, 5 DESEMBER 2010


PERHATIKANLAH TANDA-TANDA JAMAN !

Nats : Ev. Luk.21:25-33
21:25 "Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut.
21:26 Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.
21:27 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya.
21:28 Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat."
21:29 Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja.
21:30 Apabila kamu melihat pohon-pohon itu sudah bertunas, kamu tahu dengan sendirinya bahwa musim panas sudah dekat.
21:31 Demikian juga, jika kamu melihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah, bahwa Kerajaan Allah sudah dekat.
21:32 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi.
21:33 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu.

Ep. Maz. 118 : 14-21
118:14 TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku; Ia telah menjadi keselamatanku.
118:15 Suara sorak-sorai dan kemenangan di kemah orang-orang benar: "Tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan,
118:16 tangan kanan TUHAN berkuasa meninggikan, tangan kanan TUHAN melakukan keperkasaan!"
118:17 Aku tidak akan mati, tetapi hidup, dan aku akan menceritakan perbuatan-perbuatan TUHAN.
118:18 TUHAN telah menghajar aku dengan keras, tetapi Ia tidak menyerahkan aku kepada maut.
118:19 Bukakanlah aku pintu gerbang kebenaran, aku hendak masuk ke dalamnya, hendak mengucap syukur kepada TUHAN.
118:20 Inilah pintu gerbang TUHAN, orang-orang benar akan masuk ke dalamnya.
118:21 Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku.

Pengantar

Lukas pasal 21 banyak mengungkap tentang peristiwa-peristiwa yang akan datang (apocalypse), ay. 5-24 berbicara tentang keruntuhan Bait Allah, Permulaan Penderitaan dan kejatuhan Yerusalem. Ayat 25-33 yang merupakan nats khotbah ini berbicara tentang Tanda Akhir Jaman dan Perumpaaan tentang Pohon Ara. Ay. 34-38 adalah Nasehat untuk berjaga-jaga.
Nats ini dimaknai secara eskatologis sebagai gambaran kejadian di masa parousia (Hari Kedatangan Yesus yang Kedua kali). Penggambaran tanda-tanda kejadian alam dalam ay. 25 yaitu bahwa “akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut”, seringkali di tafsirkan dengan kejadian-kejadian alam seperti hujan komet dan gerhana matahari total. Dalam Mat. 24 : 29 lebih jelas digambarakan :”Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang”. Berhentinya aktivitas matahari dan bulan dan benda-benda langit lainnya menggambarkan bahwa waktu sudah berhenti, dan pada saat itulah dalam ay.27 dikatakan “Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya”
Perumpamaan tentang Pohon Ara merupakan kiasan supaya kita peka terhadap tanda-tanda itu. (ay.29-31) dan meyakini bahwa perkataan (firman) Allah itu pasti terjadi. (ay. 32-33).

Penjelasan

Firman Tuhan dari Lukas 21:25-33 yang juga terdapat dalam Matius 24:29-35, Markus 13:24-31 berbicara mengenai “kedatangan Anak Manusia”. Anak manusia yang dimaksud tidak lain dari Yesus Kristus. Kapan kedatangan Anak Manusia tersebut? Tidak ada seorang pun tahu. Hal ini sesuai dengan Firman Tuhan dalam Matius 24:36 “Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri”. Walaupun kedatangan tersebut sangat rahasia, namun kita diberi tanda-tanda. Tanda-tanda ini penting, supaya dengan tanda-tanda tersebut kita dapat bersiap-siap.
Dalam pembacaan nats ini Lukas mau menerangkan tanda-tanda yang akan terjadi ketika Anak Manusia/Yesus Kristus datang kembali. Tanda-tanda yang disebutkan dalam ayat 25-26 akan membuat bangsa-bangsa takut dan bingung, bahkan mati ketakutan. Tanda-tanda tersebut  adalah samar dan tidak dapat dipakai untuk membuat perhitungan mengenai “waktu kesudahan”. Oleh karena itu tidak dimaksudkan supaya kita rajin memperhatikan gerhana-gerhana matahari, dan sebagainya, melainkan untuk melukiskan bahwa akan datang suatu waktu bahwa manusia akan terkejut dan takut karena berbagai-bagai gejala alam. Seperti gerhana matahari, dan berbagai bencana alam seperti deru dan gelora laut (Banjir/tsunami?).
Apaklah tanda-tanda yang disebutkan dalam ayat ini sudah tampak pada saat ini? Silahkan kita jawab masing-masing. Yang pasti, berbagai peristiwa bencana alam dewasa ini seharusnya semakin membuat kita berjaga-jaga dan mempersiapkan diri kita. Bukan menyikapinya dengan kecemasan dan ketakutan, tetapi sebaliknya seperti disebutkan dalam ayat 28 “Apabila semuanya itu mulai terjadi, bangkitlah dan angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah dekat”. Artinya ditengah-tengah keadaan yang bagaimanapun kita tidak boleh menjadi lemah, sebaliknya semakin berani hidup sesuai dengan Firman Tuhan, sebab Allah tidak akan mempermalukan orang yang berharap kepadaNya. Perumpamaan pohon ara yang disebutkan dalam ayat 29-31, sekali lagi mengingatkan kita peka dan jangan menyepelekan tanda-tanda sehubungan dengan kedatangan Yesus yang kedua kali.

Penutup

Dalam Minggu Advent ke-2 ini, kita diingatkan supaya :
1)      Kita harus peka terhadap tanda-tanda jaman
2)      Kita harus senantiasa berjaga-jaga dan mempersiapkan diri.
3)      Jangan takut ! sebab apa pun yang terjadi, ada Allah kita yang perkasa, Allah dimana kasih setiaNya tidak akan beranjak dari orang percaya
4)      Sebagai orang yang menanti-nanti kedatangan Yesus yang kedua kali, ketika tanda-tanda kedatangan itu dirasakan sudah mulai terjadi, maka kita harus semakin bersemangat dan aktif (bangkit) mempertahankan hidup dalam kebenaran, hidup dalam kekudusan, sebab iman kita membuat kita yakin (mengangkat muka) akan keselamatan kita.
5)      “Bekerjalah seolah-olah Tuhan Yesus masih lama datangnya, Tapi Hiduplah dengan benar seolah-olah Tuhan Yesus akan datang Besok”. AMIN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HTML