Selamat datang di blog sederhana ini, kiranya menjadi berkat bagi kita semua

Kamis, 29 Juli 2010

7 Cara menghilangkan stres


Pada jaman ini siapa sih yang tidak pernah merasa stres? Siapa sih yang tidak pernah merasakan beban pekerjaan begitu berat? Semua pasti pernah merasakan.

Permasalahannya bukan pada stres. Karena semua orang pernah dan akan mengalami stres. Yang bisa kita lakukan adalah bagaimana melepas rasa stres itu. Ini yang penting, karena untuk menjaga mental kita fit, 'mentally fit' dan tubuh kita juga fit. Maka ada 7 saran dari pakar yang bisa mengurangi stres anda.


Yang pertama sekali, olah raga. Lakukan bulu tangkis, lari, berenang atau lainnya. Ini akan mengurangi stres.

Yang kedua, peliharalah tanaman atau hewan yang anda sukai. Anda boleh menanam anggrek atau memelihara kucing/anjing. Ini juga akan mengurangi stres.

Berikutnya ketiga, mendengarkan musik atau pergi menonton bioskop. Yang ini sering saya lakukan. Dengan mendengarkan musik adan menonton bioskop terasa benar mengurangi stres.

Yang keempat, berbagilah beban anda dengan teman baik anda. Berceritalah pengalaman, kesulitan ataupun permasalahan anda. Dengan berbagi ternyata juga bisa meringankan beban kita.

Yang kelima, 'Be Creative!' Jadilah orang yang kreatif. Lakukan sesuatu yang baru, yang belum pernah anda lakukan sebelumnya. Misal pergi ke kebun binatang, naik bis kota bila anda tidak pernah naik bis kota sebelumnya. Atau mencoba jalan-jalan di malam hari sendirian. Kreativitas membantu tubuh kita mengurangi stress kita.

Yang keenam, 'Take a Break.' Ambillah waktu istirahat sejenak. Cuti 1 hari, 2 hari atau 3 hari. Atau sekalian 1 minggu kalau anda masih punya jatah cuti sebanyak itu. Lakukan hal aneh yang belum pernah anda lakukan. Pergilah ke tempat yang belum pernah anda datangi. 'Take a Break!' Beristirahatlah!

Yang terakhir, ketujuh adalah 'Pray!' Berdoalah! Bersandarlah pada keimanan anda untuk mendapat kekuatan dan petunjuk dari Yang Kuasa. Berdoa juga membuat kita tenang dan nyaman, sehingga menimbulkan sikap positif menghadapi rasa stres.

Bila anda melakukan 1, beberapa atau sekaligus 7 hal di atas, maka anda dapat mengurangi rasa stres yang mungkin membantu melewati kehidupan anda dengan lebih baik.

sumber : TanadiSantoso.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HTML