Selamat datang di blog sederhana ini, kiranya menjadi berkat bagi kita semua

Rabu, 24 Maret 2010

SALUT UNTUK SAMSAT BALARAJA TANGERANG


Hari ini saya baru saja selesai mengurus perpanjangan STNK Motor saya (Pajak Kendaraan Bermotor =PKB) di SAMSAT Balaraja Kab. Tangerang. Kesan Positif mulai saya rasakan ketika memasuki parker di halaman SAMSAT, tidak seperti yang sering saya lihat di SAMSAT-SAMSAT wilayah lain dimana banyak orang (calo) yang berebut menawakan jasanya dan bahkan terkesan memaksa, di  SAMSAT Balaraja saya tidak menemukan hal yang sama, bahkan dengan ramahnya Satpam menunjukkan tempat parkir yang kosong kepada saya. Saya melihat jam di HP saya menunjukkan 13:40.

Selanjutnya saya langsung ke tempat fotocopy untuk membeli map sekaligus fotocopy STNK, dengan biaya hanya  Rp. 3000, saya sudah mendapatkan map lengkap dengan fotocopy yang diperlukan. Kemudian saya masuk kedalam ruangan SAMSAT, mengambil nomor urut antrian dan menyerahkan berkas ke Loket Pendaftaran ( Loket 1) dan saya dipersilahkan duduk di ruang tunggu sambil menunggu giliran sesuai dengan nomor urut. Baru sekitar 15 menit saya duduk, panggilan ke Loket 2 terdengar untuk nomor urut saya, langsung saya menuju loket 2 yang ternyata adalah bagian pembayaran (kasir), setelah membayar sesuai dengan angka yang tertera di Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan, saya dipersilahkan menunggu di Loket 3 untuk mendapatkan STNK dan Bukti Pembayaran Pajak, 15 menit kemudian nomor urut saya dipanggil dan saya menerima kembali STNK serta Bukti Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor berikut KTP alsi yang saya lampirkan sebelumnya.

Jam di HP saya menunjukkan14:15 menit, saya telah selesai, 35 menit merupakan waktu yang sangat singkat mengingat pengalaman-pengalaman saya sebelumnya ketika mengurus hal-hal yang hampir sama di instansi-instansi lain yang penuh dengan prosedur dan wkt tunggu yang sangat lama (kecuali kita urus “lewat jalan Tol”).

Saya tidak tahu apakah standar ini berlaku untuk seluruh SAMSAT di Indonesia, mungkin secara umum standar pelayanan yang diterapkan sama, namun dalam pelaksanaannya seringkali kita temukan berbeda. (walupun sudah ditempelkan standar pelayanan dan aturan-aturan yang jelas dan bisa dibaca oleh setiap orang).

SALUT untuk SAMSAT Balaraja Tangerang !!!! Tetap berkarya untuk melayani masyarakat



9 komentar:

  1. jl Raya Serang Balaraja ( Dari Pintu Tol Balaraja barat ke kiri, arah serang kira-kira 1 Km sebelah kanan)

    BalasHapus
  2. Jl. raya serang km 25..balaraja..sebelah pom bensin..klo dari tol balaraja barat nanti sebelah kanan jalan...

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas komentar positif anda.saya selaku pimpinan samsat balaraja akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan di samsat balaraja...akp andrian ( kanit samsat balaraja)

    BalasHapus
  4. .ak saya pnya motor second,saya mutasi motor tangerang saya k semarang..tp stnk saya kmarin hlang n saya blm sepat potocopy&saya tdak pnya ktp/potocopy orang pertama..apakah harus cabut berkas dlu.gmana caranya&brapa kira2 biaya u/cabut berkas...?

    BalasHapus
  5. .ak saya pnya motor second,saya mutasi motor tangerang saya k semarang..tp stnk saya kmarin hlang n saya blm sepat potocopy&saya tdak pnya ktp/potocopy orang pertama..apakah harus cabut berkas dlu.gmana caranya&brapa kira2 biaya u/cabut berkas...?

    BalasHapus
  6. Sdr Gibran, untuk urusan STNK hilang belum bisa diurus di Balaraja, sebaiknya anda urus di SAMSAT SERPONG.

    BalasHapus
  7. bos kalau cabut berkas/mutasi dari alamat pertama kabupaten ke kota tangerang plus baliknama.. biayanya berapa...?? mohon jawabannya.. thank

    BalasHapus
  8. bos kalau mau mutasi/cabut berkas alamat pertama kabupaten pindah ke kotamadya tangerang plus balik nama biaya cabut berkas/mutasi berapa...?? thank's

    BalasHapus

HTML